Belajar Pemrograman HTML


Belajar Pemrograman HTML
Bagi yang baru saja terjun di dunia maya atau masih newbie pasti tertarik dan ingin tahu lebih lanjut mengenai html jika ingin membuat website sendiri. Nah, sebelum masuk ke pembuatan programnya, tidak ada salahnya jika kita memahami terlebih dahulu mengenai apa itu HTML dan definisinya. HTML sebenarnya merupakan singkatan dari Hyper Text MarkupLanguage. HTML bukan merupakan suatu bahasa pemrograman seperti layaknya C, Java, Visual Basic, atau Pascal melainkan suatu bahasa yang dapat digunakan untuk mendesain sendiri banyak informasi yang ingin kita tampilkan di dalam website, entah dalam bentuk tulisan, gambar, suara, atau film. Sehingga sebenarnya kita dapat memiliki tampilan yang unik dan dinamis serta dapat dikatakan profesional jika kita dapat membangun sebuah website sendiri tanpa menggunakan template seperti yang sudah disediakan pada umumnya oleh blogger, wordpress, multiply, dan lain-lain.

Lalu bagaimana sih langkah-langkah membuat HTML?
Yakni minimal cukup dengan menggunakan teks editor sederhana yang kita miliki seperti Notepad dan Ms Word untuk mengetikkan source codenya didukung dengan browser yang kita miliki seperti INTERNET EXPLORER atau MOZILLA FIREFOX kita sudah dapat menampilkan halaman web kita. Program-program lain untuk membuat HTML adalah Front Page, Dos Edit, Unix, MacSimpleText.

Lalu gimana nih menjalankan source code HTML yang sudah kita buat?
Caranya gampang gan, cukup dengan menyimpan file yang berisi source code kita tersebut dengan nama file *.html. 

Tanda bintang tersebut adalah nama file yang kita buat contoh coba.html atau program.html. Setelah itu, pilih pada Save As Type dengan All Files. Langkah terakhir untuk finishing adalah dengan mengkompilenya di browser kita. Dengan kata lain buka file dengan ekstensi html tersebut. Otomatis browser kita akan terbuka dan menampilkan hasil dari source code yang kita buat, seperti screenshot di bawah ini:
Misal filenya kita namakan program1.html, buka file tersebut.

Hasil Eksekusi Program:

Jika kita ingin menampilkan file tersebut dalam HTML Online yakni dengan cara menghubungkan program HTML kita dengan salah satu ISP yang kita kehendaki. Contoh kita bisa menggunakan provider dari www.geocities.com dengan mengupload file kita tersebut. Sekian ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

Free Blooming Pink Rose Cursors at www.totallyfreecursors.com