Sekilas tentang Fungsi

Fungsi merupakan blok program yang digunakan khusus untuk menjalankan proses / tugas-tugas tertentu. Sudah dijelaskan sedikit di awal bab 2 bahwa suatu program C yang baik terdiri dari sejumlah blok fungsi. Fungsi merupakan elemen yang cukup penting dalam bahasa C sebab dapat membuat program menjadi lebih terstruktur dan lebih mudah dimengerti alurnya. Dalam membuat sebuah program C, fungsi main() merupakan fungsi yang pasti ada pada program yang akan dieksekusi pertama kali dibanding fungsi-fungsi lainnya. Untuk membuat program C menjadi lebih modular maka sebaiknya para programer C lebih memanfaatkan penggunaan fungsi untuk menjalankan tugas tertentu daripada langsung menuliskan baris-baris kode programnya langsung pada fungsi main(). 

Untuk menjalankan suatu fungsi, maka fungsi memerlukan suatu input atau parameter yang nantinya akan diolah dalam fungsi tersebut dan dikeluarkan outputnya. Keluaran dari suatu fungsi menghasilkan nilai yang sesuai dengan tipe data yang telah dideklarasikan di depan nama fungsi.
Bentuk umum fungsi:

Fungsi sendiri dapat dibedakan menjadi fungsi dengan nilai balik dan tanpa nilai balik. Fungsi tanpa nilai balik hanya digunakan pada proses-proses yang tidak menghasilkan nilai (nilai kembaliannya bertipe void). Sedangkan fungsi dengan nilai balik berhubungan dengan proses-proses yang menghasilkan nilai. Jenis fungsi ini dengan menyertakan tipe data dari nilai yang akan dikembalikan di depan nama fungsi sedangkan fungsi tanpa nilai balik bertipe data void.

0 komentar:

Posting Komentar

Free Blooming Pink Rose Cursors at www.totallyfreecursors.com