APA ITU RSS FEED


-Diambil dari berbagai sumber-
Kali ini saya akan menjelaskan mengenai apa itu RSS FEED. Mungkin banyak orang yang bingung ketika mendengar istilah mengenai rss feed dan banyak orang yang sudah mencari-cari istilah asing tersebut di internet. Jika belum ketemu juga atau setelah searching ternyata masih banyak orang yang belum begitu mengerti mengenai rss feed, atau sama sekali belum paham lalu bertemu dengan blog ini, suatu keberuntungan bagi saya karena saya dapat menjelaskan lebih lanjut mengenai rss feed.
RSS merupakan singkatan yang merujuk ke beberapa protokol di bawah ini:
-          Really Simple Syndication
-          RDF Site Summary
-          Rich Text Summary
RSS dapat dikatakan sebagai versi simple dari sebuah website yang hanya berupa isi / rangkuman dari website itu sendiri berformat XML. Biasanya RSS banyak digunakan untuk website yang memiliki konten dinamis atau sering di-update seperti blog, wordpress, atau portal berita. Bila kita mempunyai website yang dinamis atau aktif kita dapat mengajak pengunjung blog setia untuk berlangganan konten blog kita dengan beragam cara, dapat melalui email, twitter, atau via rss. Atau jika kita bertindak sebagai orang yang berkebutuhan banyak informasi kita dapat berlangganan ke banyak website yang kita pilih melalui RSS. Jika anda belum mendapat gambaran yang sesuai mengenai apa itu rss feed dan kegunaannya saya akan jelaskan dengan pengandaian berikut ini. Semua orang di dunia pasti memiliki tujuan umum yang sama ketika berkunjung ke internet yakni ingin mendapatkan informasi entah itu hanya dilakukan dengan chatting facebook sekalipun, intinya manusia ingin mendapat informasi yang lebih dari itu. Lantas jika kita berkunjung ke banyak website, dalam sekali tampil mungkin tidak hanya informasi yang kita perlukan tersebut yang ditampilkan, melainkan juga banner / iklan, widget, header, footer, dan aksesoris website lainnya juga ikut ditampilkan dalam website itu. Jika kita tidak menginginkan hal tersebut terjadi atau dengan kata lain kita hanya memerlukan ‘isi’ atau konten dari website tersebut solusinya adalah dengan menggunakan bantuan RSS. RSS ini sendiri dapat dibaca melalui RSS reader atau pembaca RSS jika kita ingin berlangganan terus dengan website tersebut. Apa itu RSS reader? Tidak lain adalah aplikasi yang digunakan untuk membaca RSS dari website yang kita pilih. Dengan bantuan RSS reader maka pembaca tidak perlu lagi dipusingkan dengan pernak-pernik website di sekeliling isi yang sering kali tidak diperlukan. Habis ini kita beralih ke Feed!


Setelah mengenal apa itu rss secara umum, kita beralih ke feed. Feed atau dalam bahasa indonesianya diartikan sebagai pengumpan merupakan suatu format data yang digunakan untuk melayani isi website yang sering diperbaharui atau di-update. Distributor konten mensindikasikan suatu pengumpan web, mengizinkan para pengunjung website untuk berlangganan. Intinya feed merupakan layanan atau fasilitas yang disediakan oleh blog atau website. Fungsinya adalah untuk mengumpulkan RSS atau isi dari website itu tadi lalu didistribusikan kepada orang-orang yang berlangganan layanan feed tersebut. Untuk dapat berlangganan RSS dari website yang kita pilih, sertakan atau ‘subscribe’ alamat feed tersebut ke RSS reader yang kita miliki. Lalu masih ada yang bertanya lagi mungkin, apa sih RSS reader? RSS reader diartikan sebagai aplikasi pembaca RSS dari website yang kita pilih untuk berlangganan. Jadi intinya, RSS reader itu semacam software atau aplikasi yang harus diinstall pada komputer / netbook, tetapi ada juga yang sistemnya online di internet. Lalu bagaimana cara kita membaca RSS dari website tersebut? Caranya adalah setelah kita memilih website yang akan kita ambil RSSnya, otomatis feed sebagai layanan pengumpul RSS akan menyediakan versi RSSnya setiap kali website tersebut di update atau dengan kata lain setelah kita masukkan alamat feed dari website yang kita ajak berlangganan maka RSS reader akan mengambil RSS dari alamat feed website tersebut.
Selanjutnya masih seputar aplikasi RSS reader. RSS reader memiliki dua tipe / jenis yakni desktop based dan web based. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa yang diinstall di komputer / laptop berarti yang merupakan aplikasi, dalam hal ini masuk ke tipe desktop based. Dengan kata lain, tipe ini berupa aplikasi seperti Ms Word, Ms Excel, dll sehingga anda perlu menginstallnya di ‘desktop anda’. Sedangkan yang sistem onlinenya adalah dari jenis web based. Tipe ini berupa sebuah aplikasi website sehingga kita tidak perlu menginstallnya, cukup online melalui browser kita, masuk ke sitenya lalu sign up jika belum terdaftar. Dua tipe dari RSS reader ini masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika tipe online kita tidak perlu repot dalam menginstall aplikasinya ke dalam komputer kita, data disimpan secara online dan dapat diakses sari komputer mana pun sedangkan yang versi aplikasi offline kelebihannya kita dapat membaca RSS dari website yang kita pilih tersebut secara offline. Berdasarkan post dari website nya Rifki salah satu aplikasi desktop based adalah Snarfer sedangkan untuk RSS reader web based adalah Google Reader. Mungkin itu saja penjelasan singkat mengenai apa itu RSS feed yang ternyata memberikan kemudahan kita dalam memperoleh informasi-informasi teruptodate dari website favorit kita yang dinamis.










0 komentar:

Posting Komentar

Free Blooming Pink Rose Cursors at www.totallyfreecursors.com