Google yang telah sukses dengan media search enginenya kini telah merambah ke layanan e-mail. Google mail (www.gmail.com) menjadi salah satu penyedian layanan e-mail berbasis web yang cukup banyak menyita perhatian para pengguna internet sejak awal pengembangannya. Kini gmail seakan hampir sejajar dengan Yahoo!Mail (mail.yahoo.com) yang sudah lebih dulu dikenal oleh para pengguna internet. Kelebihan memiliki akun gmail yakni kesempatan memiliki email dengan kapasitas yang cukup besar mencapai 5 GB. Dengan begitu, para pengguna internet tidak perlu khawatir kehabisan kuota jika hanya menggunakannya sebagai media berkirim surat. Untuk dapat memiliki account Google Mail sangatlah mudah. Cukup dengan mengikuti instruksi dan proses-prosesnya maka akun gmail gratis dapat segera dimiliki.
Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1.     Pertama, search URL www.gmail.com dengan web browser yang anda miliki. Halaman pertama Google Mail akan tampak seperti screenshot di bawah ini:

2.     Klik pada bagian CREATE AN ACCOUNT. Selanjutnya anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran sebagai berikut:

 
-        Isikan nama depan dan belakang anda pada bagian Name. First untuk nama depan dan last untuk nama belakang.
-      Pilih username atau alamat e-mail @gmail.com yang anda inginkan untuk keperluan login nantinya pada bagian Choose your username.
-        Create your password dan confirm your password untuk memasukan password yang anda inginkan untuk login nanti. Usahakan yang memiliki kekuatan tinggi atau “strong” agar tidak mudah dikenali orang.
-        Masukan tanggal kelahiran anda pada bagian birthday. Month untuk bulan, day untuk tanggal, dan year untuk tahun.
-        Untuk gender klik pada tanda panah kecil atas bawah, terdapat pilihan male untuk laki-laki, female untuk perempuan, dan other
-    Mobile phone untuk memasukkan nomor ponsel anda yang dapat dihubungi sehingga jika nanti terdapat kesalahan atau mungkin lupa password dapat dikonfirmasi melalui akun google dengan mengirim pesan ke nomor ponsel anda.


-       Isikan alamat email anda yang lain jika anda telah memiliki email sebelumnya entah di google maupun yahoo pada kotak isian Your current email address. Fungsinya sama sebagai pemberitahuan apabila terdapat kesalahan atau lupa password dapat diperbaiki melalui alamat email ini
-      Dalam kotak Prove you’re not a robot isikan dua bagian teks yang disediakan google. Ketikkan di bagian Type the two pieces of text. Ketiga tanda kecil di kanan bawah kotak isian ini: tanda pertama untuk mendapatkan text yang baru jika kesulitan dalam membacanya. Tanda kedua untuk memberi suara pada text tersebut. Tanda ketiga sebagai fasilitas help untuk meminta bantuan jika terdapat kesulitan lain.
-    Pada location pilih negara tempat anda berada / tinggal dengan mengklik tanda panah kecil atas bawah.
-      Selanjutnya klik centang di bagian kiri dari statement “I agree to the Google Terms of Service and Privacy Policy.
-         Langkah terakhir yakni klik pada bagian next step untuk melanjutkan proses selanjutnya.
3.   Selanjutnya anda diminta untuk memasukkan foto profil anda jika anda menginginkannya dengan mengklik pada bagian ADD PROFILE PHOTO untuk membangun profile anda. Browse dari komputer anda untuk mengupload foto atau dapat mengambil foto anda dengan web camera.

    Jika proses upload sudah selesai maka akan muncul screenshot:
 
     Tinggal klik pada perintah next step untuk melanjutkan proses pendaftaran akun gmail.
4.     Laman lengkap proses pendaftaran telah sebagian berhasil.

 
Klik pada bagian Continue to Gmail.



Muncul kotak dialog bahwa proses berhasil. Klik pada get started untuk memulai.
5.     Sebagai tampilan awal, akan ditampilkan halaman pengelolaan e-mail dengan empat surat baru yang berasal dari Google Mail. Dengan begitu semua proses pembuatan e-mail Google telah selesai. Anda dapat menggunakannya dengan men-sign out untuk keluar dari email dan masuk kembali ke www.gmail.com menggunakan alamat email dan password yang telah diisikan sebelumnya.





















0 komentar:

Posting Komentar

Free Blooming Pink Rose Cursors at www.totallyfreecursors.com